Di akhir bulan Oktober lalu, Yamaha melengkapi penghargaannya untuk kategori The Best Website 2010 versi majalah Digital Marketing. Penghargaan ini diberikan kepada website perusahaan dengan berbagai dimensi penilaian. Mulai dari Content, Context, Cuztomization, Connection, Community dan Commerce. Siapkah Yamaha menghadapi perang bintang melalui digital marketing?
Saat ini begitu banyak perusahaan berinvestasi di digital marketing untuk melakukan branding maupun sales. Pendekatan melalui digital marketing seperti website perusahaan tidaklah cukup dengan gaya desain saja. Yamaha sejak tahun 2003 mulai fokus dengan websitewww.yamaha-motor.co.id. Maka di tahun 2010 ini Yamaha memberikan konsep Uses and Gratification of Information dimana visitor-nya tidak hanya mendapatkan informasi semata, namun informasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan visitor-nya, dalam hal ini adalah informasi seputar dunia motor.
Sementara itu, Yamaha juga kerap mempromosikan website perusahaannya melalui media lain seperti Above the Line maupun Below the Line. Salah satu kampanye website Yamaha dilakukan dengan media placement di website maupun portal berita.
Pemasangan iklan di portal berita seperti detik.com maupun kompas.com merupakan strategi yang efektif. Dengan Cost per Contact yang lebih kecil membuat sebagian principal mulai mengalihkan media placement mereka ke portal berita bahkan melalui forum hingga social media seperti Facebook.
Namun, disinilah kejelian tim promosi Yamaha Motor Indonesia. Yamaha Motor Indonesia tidak terjebak pada "Solusi Instant" yang hanya berbasiskan kepada trend yang ada di dunia online. Pasalnya, dalam hitungan beberapa tahun ke depan ketika portal berita, forum hingga social media menjadi kuat, maka bukan hal yang tak mungkin jika nilai pemasangan iklan ataupun campaign menjadi mahal. Alhasil, Cost per Contact akan kembali sama seperti halnya pemasangan iklan print ad di media cetak atau TV slot seperti yang terjadi selama ini.
Dengan konsep Uses and Gratification of Information, Yamaha Motor Indonesia semakin dekat dengan visitor-nya. Sebagai contoh didalam website Yamaha selalu ada up date berita seputar dunia bikers. Kemudian ada juga informasi tentang Safety Riding untuk seluruh pengendara motor, kemudian ada juga berita tentang aktifitas komunitas. Informasi inilah yang memberikan rational bonding dengan visitornya. Dengan kata lain, Yamaha memberikan informasi yang bermanfaat dan lebih dari sekadar pemberitaan perusahaan.
Untuk memperkuat brand Yamaha di dunia digital marketing, maka Yamaha tidak ingin "membuang peluru" dengan percuma. Fokus pada konsumen di dunia online diteruskan dengan membangun komunitas Yamaha yang solid. Turunan dari website Yamaha untuk kalangan komunitas diturunkan kedalam website Yamaholigan dan Facebook Yamaha yang saat ini sudah mencapai 700 ribu anggota didalamnya.
Yamaha Youth Generation
Dari fakta tersebut mulai nampak bahwa konsumen Yamaha mulai memahami dan menggunakan media online sebagai media untuk mencari informasi dan pembelian. Hal tersebut sama seperti yang terjadi pada aktifitas indent online matic Xeon. Lalu bagaimana dengan kesiapan dealer Yamaha sebagai ujung tombak dari penjualan? Mampukan dealer Yamaha mengimbangi kemajuan dan perilaku konsumen yang sudah "melek" internet dengan baik?
Menurut Eko Prabowo, Promotion Manager Yamaha Motor Indonesia menjelaskan bahwa saat ini sebagian dealer Yamaha sudah siap untuk menghadapi tantangan dari konsumen sebagai dampak dari kampanye digitalmarketing. "Ada beberapa dealer yang sudah mengalami regenerasi kepemilikan dan sudah paham menggunakan website, Facebook dan lain-lain. Tapi memang saat ini masih dibawah 50%. Jadi tugas kita mengedukasi dealer itu (untuk menjalankan digital marketing, red)," jelas Eko. Lalu, apakah Yamaha optimis di tahun depan aktifitas digital marketing bisa berjalan? "Insya Allah, kita lihat perkembangannya" tutup Eko ketika ditemui pada saat malam penghargaan Digital Marketing di hotel Mulia Jakarta.
Bagi konsumen yang berbasiskan internet, Yamaha menjadi satu-satunya perusahaan roda dua yang mempelopori pelayanan secara digital kepada konsumennya. Keunggulan dunia online yang bebas ruang dan waktu menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki Yamaha Motor Indonesia. Semua itu tercipta karena Yamaha selalu komitmen untuk memberikan inovasi yang terbaik kepada seluruh konsumennya.