Rabu, 21 April 2010

Panduan Belanja Kebutuhan Motor, Dingin dan Nyaman


Pastinya bukan belanja es yang bisa bikin dingin. Maksudnya, belanja kebutuhan motor tanpa harus berdesakan dan bercucur keringat. Coba ke Lindeteves Trade Center (LTC) Glodok, Jl. Hayam Wuruk, Jakarta Barat. LTC Glodok versi baru Glodok Jaya, tempat transaksi alat berat, termasuk komponen roda dua.

Di areal seluas 2,6 hektar ini, LTC memiliki lebih dari 2.300 kios yang menjual beragam kebutuhan industri. Di sini pengunjung akan dimanja lantaran memang seperti berkunjung ke pusat perbelanjaan modern.

LTC dilengkapi penyejuk udara alias AC, lantai keramik dan selalu bersih. Juga ada fasilitas jajanan atau foodcourt luas punya. “Harga di sana sama dengan di Glodok Jaya,” beber Ade dari kios Gemilang yang jual berbagai tool kit dan treker untuk keperluan bengkel motor dan mobil.

Mau tahu apa saja yang ditawarkan? Yuks!

TOOL-KIT MACGYVER

Ada yang menarik di Glodok karena ada kios yang menawarkan lengkap kebutuhan tool-kit motor. Terutama, alat bantu MacGyver seperti di UD Gemilang. Ditawarkan beberapa alat bantu bongkar-pasang dari temuan mekanik bengkel umum. “Saya beli dari mekaniknya dan diproduksi massal,” beber Ade.

Contoh produk yang ditawarkan, alat pelepas sil sokbreker Honda Tiger dan Mega Pro, pencabut bearing roker-arm Suzuki. Juga ada alat buat ngelepas puli skubek dan filler gauge pengukur celah klep khusus motor yang ketebalannya untuk semua motor. Labelnya Grip On. Silakan berkunjung ke kawasan Glodok No. 37. Telepon (021) 6255545, 6249526.

TOOL-KIT DARI SWISS

Swiss Tools (ST) merek tool-kit asal Swiss yang memang punya kelas berbeda. Lihat aja set kunci L dengan warna jreng. “Beberapa pemilik Harley-Davidson beli. Jadi pajangan pun menarik,” bilang Ivan Dharmawan, pemilik PT Surya Sarana Dinamika (SSD), distributor resmi ST.

Ada juga obeng digital ST yang mirip kunci momen. Di pantat obeng akan kelaura angka momen saat mengencangkan baut. Yang erminat, obeng pintar ini dilego sekitar Rp 2 juta per unit.

Boleh datangi SSD di lantai UD (Under Ground) Blok B6, No. 1 dan 9. Telepon (021) 62316909.

BISA PESAN SABUK, RANTAI KETENG, DAN SPROKET

Sabuk alias v-belt di CVT skubek bisa juga dipesan di LTC. Misal, di kios khusus sabuk Talimas. Segala macam merek belt ada di sini. Eiit, jangan lupa di Talimas juga menerima pemesanan sproket dan rantai keteng. “Tinggal lihat jenis dan ukurannya aja,” beber Yeny, sales Talimas.

Mau tahu lebih jelas, silakan mampir ke GF (Ground Floor) 2, Blok B3-1 dan B3-9. Telepon (021) 62201086.

MATA TUNNER LENGKAP

Diamond Jack Indonesia (DJI), toko seperti mini market yang menyediakan mata tunner lengkap. Segala ukuran dan merek untuk pisau pencukur mesin ada di DJI. Tinggal lihat contoh di etalase. “Banyak mekanik balap mesin ke sini. Terutama dari Sumatera,” beber Zakir dari DJI.

Mau lebih tahu dan tahu lebih soal ukuran dan bentuk mata tuner, silakan ke DJI di GF2, Blok C1-3, C21-23. Telepon (021) 30067233, 62200770.

SEGALA JENIS SIL DAN BEARING

Kebutuhan sil sangat cocok dicari ke LTC. Banyak kios menawarkan segala macam jenis sil. Seperti di Royal Seal, GF1, Blok A21, No. 7-8. Telepon (021) 62311038-9. Termasuk juga semua bearing seperti di toko Sinar Bearing, UG Blok B17, No. 6. Telepon (021) 6595961.

RANTAI METERAN

Mau rantai meteran juga ada seperti di kios Bintang Teknik (BT). Diperlukan untuk yang sudah ubah kaki-kaki motor. Kunjungi aja BT di lantai 1, Blok C25, No. 6. Telepon (021) 62200648.

BIKIN PER TIGA JAM

Mau per jenis apa? Seperti spring di CVT, per klep, dan kopling banyak disediakan di LTC. Salah satu yang bisa didatangi adalah Su Per Steel (SPS). Di SPS bisa menunggu pesanan per cukup tiga jam.

Silakan bawa aja conoth jenis per yang dibutuhkan. Alamat SPS ada di GF1, Blok B17, No. 9. Telepon (021) 30063794.

KOMPRESOR PORTABLE

Banyak sekali pilihan kompresor di LTC. Untuk bengkel serius atau sekadar ngulik ringan di rumah. Peranti penyembur angin ini disediakan dalam bermacam tipe. Mulai dari 0,5 Hp sampai 2,5 HP. Ada yang bertenaga listrik atau mesin.

Harga yang ditawarkan, juga relatif terjangkau. Mulai Rp 500 ribu–Rp 1,5 jutaan. Alamat CV Mitra Jaya ada di Lantai GF1 C5/9. Telepon (021) 62201371

PAKET TOOL-KIT LENGKAP

Beragam paket kunci, juga banyak ditawarkan di LTC. Mau cari toko yang jual kunci khusus untuk kebutuhan motor? Silakan bertandang ke toko Niaga Jaya yang bertempat di lantai GF2 Blok C19, No. 1 dan 5.

POLYURETHANE DAN KERTAS PAKING

Motor tidak jauh sama yang namanya polyurethane. Apalagi beberapa bengkel umum atau rumah modifikasi. Pastinya, sering menerapkan material ini untuk mendukung tampilan atau kinerja motor. Seperti terlihat di bantalan atau engine mounting skubek yang sekarang mulai banyak dipakai balap.

Adapun untuk mendapatkan produk ini dalam jumlah besar atau mau bikin di tempat, juga bisa diterima. Sebab kios Usaha Mandiri yang mangkal di lantai CF1, blok 7, No. 9, LTC, menyediakan polyurethane segala ukuran dan bentuk.

“Kami juga sedia lembaran kertas paking dan kebuthan otomotif juga industri. Sementara soal harga, kami jamin sangat kompetitif apalagi pembelian dalam jumlah banyak,” jelas Sunarto penjaga di kios itu.

LAUTAN MUR DAN BAUT

Masih di lantai CF1 yang kebetulan bersebrangan dengan toko Usaha Mandiri, juga dijumpai toko penjual segala macam mur, baut serta ring dalam beragam bentuk dan ukuran. Nama tokonya Jaya Fasterman, tepatnya berada di Blok A1, No. 11 juga di LTC.

“Kita menyediakan segala macam mur dan baut beragam bentuk. Mulai dari ukuran kecil sampai besar bisa kita jumpai di kios ini. Pokoknya konsumen bisa lihat sendiri. Tapi kalau enggak mau repot mencari. Mending bawa baut contoh saat membeli. Sehingga sales mudah melacaknya di buku katalog,” ujar sang penjaga toko ramah.

PERALATAN ANTIHUJAN

Musim hujan seperti sekarang, pastinya butuh pelindung badan nyaman, aman, tahan banting juga banyak pilihan. Nah, dua poin terakhir yang biasanya sulit didapat. Itu lantaran toko penyedia perlengkapan antihujan masih terbatas.

Tapi di LTC juga di Glodok Jaya banyak kios menyediakan perlengkapan itu. “Mulai dari jas hujan setelan, sarung tangan sampai sepatu antiair kami sediakan di sini. Bahkan model dan warna bisa pilih sesukanya,” saut Verry Hengky dari Cahaya Teknik, kios yang jual perlengkapan keselamatan dengan nomor telepon (021) 62308647.

BIKIN KUNCI CADANGAN

Tempat bikin kunci cadangan memang banyak di Glodok Jaya. Kalau mau kunci dibikin beda bentuk dan warna spesial atau khusus, silakan ke PD. Golden Keys di LTC, Lt. 1, Blok C25, No. 7, Jl. Hayam Wuruk, Jakarta Barat.

Kalau ketemu Tio Ramdany, operator pembuat mata kunci, bisa tanya langsung apakah bisa bikin kunci cadangan dalam bentuk dan warna lain. “Kami bukan cuma bikin kunci cadangan, tapi juga bisa memperbaiki kunci rusak atau patah. Bahkan kalau mau ganti mata kunci, saya siap merombak langsung dari rumah kunci aslinya,” jelas pemilik nomor telepon (021) 30012961.

Ongkos kerja bikin kunci cadangan dipatok antara Rp 10~15 ribu. Silakan datang.

KIOS RUJUKAN LAIN

Berhubung terbatas halaman, konsumen juga bisa datang ke kios berikut ini. Seperti Topstar Baterry yang ada di Lt. UG, Blok. C21, No. 5. Dari label tokonya, jelas kalau ini memang spesial jual aki.

Ada juga CV Kurnia Djasa Bersama dari Lantai GF2, Blok. A27, No. 9. Atau Pontisindo Teknika di Lantai GF1, Blok. C16, No. 3. Kedua toko ini merupakan spesialis polyurethane.

Spesialis jualan perkakas juga ada di PD. Wijaya Sentosa, Lantai GF2, Blok B19, No. 9. Sementara untuk belanja perlengkapan hujan lain, Putra Jaya Mandiri bisa jadi rujukan. Letak persisnya ada di Lantai GF1, Blok. B9, No. 5.

Penulis/Foto : Niko, KR15, Belo/GT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *