Senin, 22 November 2010

Kompetisi Menuju Mekanik Bertaraf EURO 3

Perhelatan kontes mekanik bertajuk Indonesian Technician Gran Prix (ITGP) 2010 kembali dihelat di Pulau Dewata Bali. Kontes ini digelar selama dua hari Sabtu Minggu (13-14/11). Sebelum resmi dibuka, digelar jumpa pers di DDS Yamaha Denpasar. Hadir sebagai pembicara Supriyanto (YMKI), Oktuma Wibowo (Chief DDS Bali), Paulus S Firmanto (YMKI), Mangiring S (YMKI), Shirae Takayuki (YMC) serta Oogomori Takayuki (YMKI).

Menurut Paulus S Firmanto mengaku mekanik yang akan berlaga sudah berada di Bali sejak tangga 10 November 2010 lalu. Ditambahkannya, sebanyak 9800 mekanik Yamaha dari seluruh Indonesia ikut mendaftar. Kemudian dilakukan penyaringan dan tersisa 900 peserta. Kemudian dilakukan penyaringan tahap kedua dan menyisakan 43 mekanik serta akan dipilih juara 1, 2 dan 3.

"ITGP memang selalu menarik dan membuat mekanik terpacu untuk memberikan yang terbaik. Kita tidak hanya akan memberikan penghargaan untuk mereka, tapi memberikan kesempatan untuk pemenang ke Jepang demi bertanding dengan mekanik lain. Selain itu, kami tidak hanya memberikan kesempatan pada mekanik senior. Tapi mekanik yang baru lulus SMK, dan kalau mereka memiliki talenta lebih di dunia otomotif roda dua akan kita berikan kesempatan," ujarnya di DDS Bali.

Paulus menambahkan, saat ini peran mekanik memang sangat vital. Selain memberikan pelayanan prima untuk konsumen Yamaha, para mekanik dituntut untuk mensosialisasikan teknologi injeksi yang memang akan diterapkan pada motor Yamaha tahun depan.

Karena itu, demi menjaring bibit-bibit mekanik handal, Yamaha memberikan kesempatan dan membuka jalur pada beberapa sekolah SMK. Selain itu, langkah konkrit Yamaha adalah memberikan 4-5 unit sepeda motor demi menunjang kegiatan mekanik kelak. Saat ini Yamaha sudah merangkul 400 sekolah SMK untuk dididik menjadi mekanik yang bisa diandalkan Yamaha. Saat ini, Yamaha memang tengah gencar melakukan sosialisasi tentang teknologi injeksi. Pasalnya, pada tahun 2011 mendatang, dunia otomotif roda dua harus mengikuti regulasi Euro 3. Itu artinya, gas buang atau emisi sebisa mungkin tidak ada atau paling tidak dikurangi.

"Ini adalah bukti Yamaha selalu komitmen dan berusaha menjadi yang pertama dalam menjalankan regulasi Euro 3 yang akan berlaku mulai tahun 2011 mendatang. Karena itu, kami mencari mekanik handal untuk dipersiapkan menangani motor Yamaha yang mengadopsi teknologi injeksi tahun depan," tambah Mangiring seraya menunjuk peserta ITGP 2010 disebelahnya. Euro 3 adalah regulasi yang berasal dari parlemen Eropa tertanggal 19 Juli 2002 perihal pengurangan emisi dari roda dua dan roda tiga berdasarkan amandemen langsung 97/24/EC.

Sebelum bertolak menuju lapangan Lumintang, Denpasar tempat digelarnya ITGP 2010, para wartawan diajak berkeliling bengkel dan menyaksikan kinerja dari mekanik Yamaha. Beberapa mekanik yang menangani motor konsumen bekerja dengan ketelitian, profesionalisme dan mengutamakan kepuasan pelanggan. Selain itu faktor kebersihan motor setelah dilakukan servis tetap terjaga. Selain itu, untuk membuat konsumen betah berlama-lama di DDS Bali, pemilik motor bisa membaca majalah, buka internet yang disediakan melalui komputer, atau melihat-lihat apparel yang terletak disudut ruangan. Selanjutnya, wartawan bertolak ke Hotel Sanur Paradise, untuk istirahat sejenak dan pada sore harinya bersiap untuk bertolak ke Lapangan Lumintang meliput acara ITGP 2010.

Dengan adanya ITGP, Yamaha mempelopori kemajuan sumber daya mekaniknya. Sejak Yamaha hadir di Indonesia, bukan hanya produk Yamaha yang terus dikembangkan. Namun lebih dari itu dimana kualitas mekanik Yamaha juga terus ditingkatkan. Bagi Yamaha, peningkatan kualitas mekanik Yamaha adalah salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas mekanik Indonesia hingga menjadi mekanik bertaraf internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *