
Dunia industri Indonesia memang tidak segeliat China yang berhasil menarik pemain baru, sekaligus mempertahankan pemain lama untuk terus berinvestasi di negaranya. Hal ini karena masih sedikit perusahaan multinasional yang menempatkan Indonesia dalam peta dunia mereka. Namun bukan berarti perusahaan-perusahaan di Indonesia tidak ada yang bisa bersaing pada level Internasional. Meski terbilang beberapa saja, namun nyatanya tetap ada, salah satunya yaitu PT. YMKI (Yamaha Motor Kencana Indonesia) selaku ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) sepeda motor Yamaha di Indonesia.
Ada beberapa indikasi yang menempatkan Yamaha Indonesia bisa bersaing di panggung dunia, salah satunya perolehan penghargaan yang tidak pernah berhenti dari tahun ke tahun yang di berikan oleh pemerintah maupun lembaga pemerhati ekonomi swasta lainnya kepada PT. YMKI.
Sebut saja penghargaan yang dipelopori oleh Frontier Consulting Group yang sejak tahun 2000 tetap fokus pada penilaian pencitraan berbagai perusahaan di Indonesia. Penghargaan tersebut diberi nama Indonesia's Most Admired Companies(IMAC). Selain reputasi penilaian yang tidak diragukan lagi karena melibatkan 1800 responden yang terdiri dari manajemen, investor, jurnalis dan publik yang ada di Jakarta dan Surabaya. Lembaga ini juga menjadi salah satu pelopor penghargaan TOP Brand Award, SQ Quality dan lain sebagainya.
Berbagai penilaian dilakukan Frontier pada multi bidang perusahaan, mulai dari Automotive, Food & Beverages, Airlines, Toiletris, National Bank hingga Cigarette. Penilaian ini terbagi dalam 4 dimensi yaitu Quality, Performance, Responsibility dan Attractiveness untuk sebuah perusahaan.
Di tahun 2010 ini Yamaha Motor Kencana Indonesia (PT. YMKI) berhasil memenuhi 4 dimensi penilaian IMAC tersebut. Penilaian ini menempatkan PT. YMKI sebagai perusahaan teratas di industri roda dua di Indonesia, dengan score 4.018.
Tahun 2010 ini, bukanlah kali pertama Yamaha meraih penghargaan IMAC. Sebelumnya pada tahun 2009 penghargaan ini pernah di peroleh perusahaan yang kini memasang ?Semakin Di Depan? pada motor dan baju balap juara dunia Moto GP Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Dengan bangga kedua pebalap itupun selalu menunjukkan spirit dan pesan yang disampaikan kepada dunia luar tentang Indonesia, tentang indahnya bahasa Indonesia dan tentang seperti apa sebenarnya bangsa yang kini berpenduduk 240 juta lebih ini. Inilah makna spirit untuk semakin di depan.
Pencapaian IMAC yang diperoleh Yamaha adalah kebanggan milik Indonesia. Yamaha sebagai perusahaan otomotif roda dua selalu menunjukan kinerja, kemampuan Sumber Daya Manusia, Inovasi dan teknologi yang diciptakannya selalu untuk konsumen roda dua Indonesia sehingga Yamaha Semakin di Depan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar