Senin, 21 September 2015

Daihatsu : Tak Ingin Pelanggan Kecewa, Daihatsu Revolusi Layanan Bengkel

Tak Ingin Pelanggan Kecewa, Daihatsu Revolusi Layanan Bengkel
Foto: Line up mobil JDM Daihatsu di GIIAS (Foto Grandyos Zafna).


Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor melakukan perubahan siginfikan dalam layanan bengkelnya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan slogan Daihatsu Cares for You Better, ADM 'merevolusi' layanan bengkel sehingga lebih cepat, akurat, dan memuaskan.

"Dengan tujuan untuk memberikan kualitas kerja bengkel yang lebih baik dan waktu pengerjaan yang lebih cepat kepada pelanggan, Daihatsu mengembangkan standar baru operasional bengkel yang disebut Daihatsu Indonesia Service Management. Melalui prinsip standar itu, maka standar operasional bengkel lebih bersahabat, sesuai kebutuhan pelanggan," papar Head Custommer Sevice and Value Chain Division ADM, Elvina Afny, di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, ICE-Serpong, Senin (25/8/2015).

Prinsip standar itu dijalankan dengan serangkaian langkah. Walhasil, waktu pelayanan servis kendaraan yang dilakukan para mekanik lebih cepat 30-40 persen dari waktu sebelumnya.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan untuk menjalankan prinsip-prinsip standar anyar itu antara lain : Reminder service, yakni meningatkan pelanggan untuk melakukan perawatan berkala sekaligus layanan booking service.

"Dengan bantuan data base tentunya," kata Elvina.

Prinsip selanjutnya adalah, penerimaan yakni menggunakan sistem antrean dengan mengakomodir antrean baik booking maupun non booking sejak kendaraan tiba di pos sekuriti.

Kemudian proses servis, prinsip ini menerapkan standar operasional baru yang mempersingkat proses pencucian, perawatan, dan waktu servis.

Meski begitu tetap dipantau kualitas pengerjaannya melalui sistem komputer. Bahkan, setelah itu ada pemeriksaan akhir sebelum kendaraan diserahkan kepada pemilik, dan konfirmasi dari mereka soal hasil pekerjaan.

"Sehingga total pengerjaan layanan ini bisa lebih singkat 30-40 persen. Jadi, pelanggan tidak bosan atau jemu saat melakukan servis atau perawatan," ujar Elvina.

Namun, saat ini prinsip baru dalam standar pelayanan servis tersebut, baru diprioritaskan di 11 bengkel resmi Daihatsu di sejumlah kota. Mereka antara lain, Daihatsu BSD, Cibubur, Cibereum-Bandung, Semarang, Malang, Medan, Samarinda, Makassar, Matraman Jakarta, ASCO Bekasi, Astrido Otista Jakarta.

"Kami berharap dengan adanya prinsip baru itu pelanggan mendapat pengalaman terbaik," tutur Lili Herman, After Sales Sevice and Logistic Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation.

----

Keterangan Foto: Line up mobil JDM Daihatsu di GIIAS (Foto Grandyos Zafna).
Sumber : oto.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *