JAKARTA, 4 Oktober 2010. Yamaha Motor Indonesia raih penghargaan ICSA Award 2010.
PT. YMKI (Yamaha Motor Kencana Indonesia) kembali meraih penghargaan dari Customer Satisfaction Award (ICSA) 2010 di Shangrilla Hotel, Jakarta, 04 Oktober 2010 lalu. Penghargaan ini adalah kali keempat Yamaha memperolehnya The Best In Achieving Total Customer Satisfaction untuk kategori Automatic Motorcycle dan kelima kali untuk kategori Motorsport.
Bagi Yamaha, kepuasan pelanggan dan pelayanan yang prima untuk konsumen lebih utama daripada hanya mengejar orientasi penjualan. Hal ini dibuktikan Yamaha dengan kedekatannya Yamaha dengan komunitas bermotor dan masyarakat luas.
Yamaha yang fokus pada kepuasan konsumen (Customer Oriented) terus dibangun dengan menciptakan produk motor yang memahami konsumen. Berangkat dari motor Mio yang diciptakan untuk wanita, mudah dikendarai dan dengan ukuran yang compaq, ada juga motor Vixion dan Scorpio yaitu motor untuk kategori motorsport yang dilahirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen lelaki.
Yamaha juga seringkali terlibat dalam kehidupan komunitas bermotor, untuk ikut serta di setiap aktivitasnya. Salah satu contohnya, pada aktivitas Amazing Journey yang berlangsung di Savana, Gunung Bromo, beberapa waktu lalu. Pada kesempatan itu, Yamaha melibatkan berbagai komunitas bermotor tanpa melihat latar belakang produk motor yang digunakan. Hal ini untuk memperkenalkan ketangguhan motorsport Yamaha dengan cara product experiential sehingga komunitas bisa merasakan langsung produk Yamaha secara objektif.
Dari sisi produk, Yamaha selalu menjaga kualitas motor-motornya, kesiapan suku cadang dan menciptakan mekanik-mekanik handal yang siap melayani apa saja keinginan dan keluhan konsumen. Pertumbuhan jumlah bengkel hingga saat ini yang tersebar diseluruh Indonesia mencapai 2.826 bengkel, dengan terus dikembangkannya bengkel di seluruh Indonesia ini Yamaha berupaya untuk meningkatkan pelayanan after sales service dan kepuasan konsumen. Dari layanan itulah motor after sale Yamaha harganya selalu lebih tinggi di pasaran di banding kompetitor.
Untuk itu, penghargaan ICSA 2010 yang diterima Yamaha ini, sejatinya adalah penghargaan dari masyarakat Indonesia atas keberhasilan Yamaha memenangkan hati konsumen. Baik dari sisi produk, layanan hingga CSR (Coorporate Social Responsibility) yang ditujukan kepada masyarakat Indonesia.
Tentang ICSA:
Alat ukur ICSA adalah ICSI (Indonesian Customer Satisfaction Index) yang melakukan survey di 6 kota besar yaitu, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Makassar. Jumlah sampel yang digunakan untuk pengukuran ICSI ini sebanyak 8.400 orang, terdiri dari 7.200 responden random random ditambah 1200 responden booster. Responden booster ditambahkan untuk masing-masing kategori produk yang termasuk produk premium dalam rangka meningkatkan incidence rate.
Metode pengambilan sampel random dilakukan dengan multistage area random sampling, sedangkan untuk sampel booster dilakukan dengan purposive sampling. Survei ini dilaksanakan dengan face to face personal interview.
Ada empat parameter yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan
- Kepuasan pelanggan terhadap kualitas produk atau jasa yang biasa disebut dengan Quality Satisfaction Score (QSS).
- Kepuasan terhadap harga yang mereka bayar atau disebut dengan Value Satisfaction Score (VSS).
- Perceived Best (PB) yang merupakan keyakinan pelanggan bahwa merek yang telah mereka gunakan adakah merek yang terbaik dalam hal kepuasan konsumen.
- Expectation Score (ES) yang merupakan pengukuran terhadap harapan pelanggan terhadap suatu merek akan kemampuannya dalam memberikan kepuasan dimasa mendatang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar